Saturday, April 16, 2016

Terima Kasih Mitos Angker Alamku Terjaga

mendengar saja judul yang saya buat, saya rasa anda bingung bukan main, maklum saya baru saja mempelajari kenapa disebuah tempat tertentu ada mitos angker yang sulit dicerna akal sehat.

mari kita tarik garis lurus agar bisa masuk dalam logika kita

mengapa sebuah pohon disebut angker dan sebagainya. mari kita telaah dengan akal sehat.

 
mari kita lihat video diatas konon yang katanya angker, mari kita ajak kalian semua berfikir logis, taukan anda apa yang anda butuhkan waktu pertama kali terlahir di bumi, air salah besar..!! yang anda butuhkan adalah udara, sebegitunya udara penting bagi kita sampai kita lupa berterima kasih kepadanya.

taukan anda semakin lama sebuah pohon, akan mengeluarkan oksigen paling bersih dan sempurna, dan 1 pohon beringin besar mampu memberikan oksigen manusia sebanyak 500 orang.

anda bisa lihat sendiri setiap desa pasti memiliki pohon besar yang sudah dirancang seperti yang saya jelaskan diatas. hebat sekali kan leluhur kita dulu, saya yakin rata rata desa yang di jawa dan di bali dulu ada pohon besar disetiap desa.

trus apa hubungannya ama mitos angker...? saya menyimpulkan bahwa pohon itu diberi label angker oleh orang dulu adalah agar pohon itu tetap ada dan lestari sampai kapanpun, anda mau nunggu sampai 500 tahun untuk dapat udara terbaik yang diciptakan oleh pohon.

bahkan ada sebuah hutan yang diberi label angker adalah hutan yang memiliki cadangan air banyak yang jika ada campur tangan manusia akan merusak ekosistem alam itu. sebegitunya leluhur kita menjaga alam kita agar tetap lestari.

kenapa dikuburan ada pohon besar...? karena pohon besar sebagai filter udara yang dia saring dari udara busuk berupa CO2, dan dia sulap jadi O2.. hehehe kimia dikit..
kuburan itu kan tempat mengubur orang yang dari mati normal sampai yang terkena penyakit, disinilah peran pohon sebagai filter air, yang di saring agar air tanah tetap dalam kondisi bagus dan layak untuk keluar lagi ke permukaan tanah. hebatkan konsep leluhur kita..

trus salah kita semua apa..?

kita selalu menyalahkan pohon dengan alasan bisa menimpa rumah kita, padahal anda lihat sendiri mana ada orang dulu bangun rumah dekat pohon besar.. thinks smart..!!! dia tau cara menghargai itu semua dengan aturan tidak tertulis

dengan alasan yang tidak sesuai dengan ajaran agama pohon ditebang, lebih baik kita berfikir bijak saja dengan melarang tanpa harus menebang. kasihan kan udah lama hidup dan memberikan nafas dari nenek moyang kita sampai kita sendiri yang menghirup udaranya.jangan sampai suatu saat nanti kita hidup harus membawa tas punggung yang berisi pohon, untuk kita bernafas karena saking tipisnya oksigen

sekarang pada mengeluh kok udara panas ya, kok banjir ya, saya kasi tau cara pandang yang beda, pohon itu mengeluarkan oksigen dan akan berada di atmosfer bumi sebagi prisai atau payung yang melindungi agar sinar matahari tidak langsung tembus ke permukaan bumi, jika tidak ada mungkin anda udah gosong jika terkena sedikit saja cahaya.

dan kenapa banyak kejadian hujan meteor jatuh di kota besar...? karena di kota besar lapisan atmosfer bumi tipis pada saat meteor jatuh ke bumi meteor bergesek dengan atmosfer mengakibatkan terkikis dan terbakar sampai jatuh kebumi masih berupa batuan, belum habis terbakar, harusnya jika lapisan tebal sebelum nyentuh bumi udah habis digesek oleh atmosfer. itu makanya didesa jarang kita jumpai ada meteor jatuh padahal sama saja semua kejatuhan tiap hari.

kenapa banjir tidak sebesar dulu..? apakah menurut anda kita sudah menjaga lingkungan dengan baik..? jawabannya 100% salah.. itu karena air tanah udah mulai habis dan air laut makin banyak karena semua di aspal dan disemen tanpa ada celah air yang turun ke bumi masuk langsung kebumi, akibatnya air tanah habis tidak ada yang masuk ketanah, semua mengalir keparit dan semua bermuara kelaut. banjir rob bukan akibat kontur tanah turun tapi air laut makin banyak oleh ulah manusia sendiri .

mari kita bijak dengan menyikapi ini semua, tanpa mengenyampingkan agama, hendaknya kita belajar dari para leluhur kita, semua tidak terlihat logis, namun saya tekankan lagi dibalik sebuah mitos ada sebuah fakta yang belum bisa kita ungkap.

jika merasa bermanfaat saya minta tolong dengan sangat share artikel ini, mari kita belajar menjaga alam ini dengan lebih bijak



No comments:

Post a Comment